Minggu, 21 April 2013

Pentingnya mempelajari biologi ICT


PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN
INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
TIK saat ini berkembang sangat pesat,dapat mempengaruhi segala aktivitas kehidupan.oleh karna itu pemanfaatan TIK harus diperkenalkan kepada siswa agar mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar,dan aspek kehidupan sehari-hari dan agar bisa memanfaatkan TIK secara optimal dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman. Keberhasilan dalam pendidikan selalu berhubungan erat dengan kemajuan suatu bangsa yang berdampak meningkatnya kesejahteraan kehidupan masyarakat.
Departemen pendidikan Nasional telah memasukkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kurikulum 2004.yang bertujuan agar meningkatkan Kualitas proses Pengajaran,kualitas penilaian kemajuan.Proses pembelajaran akan berhasil dengan efektif apabila komunikasi bisa berjalan dan berproses dengan baik.Sumber belajar yang ada ,yang dapat digunakan adalah media pelajaran atau alat bantu pelajaran.Penyampaian materi dalam bentuk ceramah menimbulkan kejenuhan,kesalahan persepsi,dan kurang menarik perhatian siswa.untuk memperoleh hasil pembelajaran biologi yang optimal maka diperlukan peningkatan mutu pendidikan.pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dasar untuk belajar.Dalam proses belajar ada 4 komponen yang mempengaruhi keberhasilan siswa :Bahan belajar ,Suasana belajar,Sumber-sumber belajar,dan Media pembelajaran.salah satu media pembelajaran adalah media gambar yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.dengan menggunakan media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan atau informasi serta meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.
Pembelajaran biologi kurang optimal.Hal ini ditunjukkan karna:
1.      Siswa kurang fokus pada saat proses pembelajaran berlangsung
2.      Siswa kurang memperhatikan guru dan cenderung ramai
3.      Siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran
4.      Penggunaan sarana dan prasarana disekolah kurang optimal seperti LCD
Hal ini dikarenakan guru pada saat mengajar masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional yang sangat terbatas pada informasi yang diberikan oleh guru kepada siswa,sehingga aktivitas belajar siswa kurang berkembang.siswa hanya mendengar apa yang diucapkan oleh guru kemudian mencatat dan menghafal.hal ini akan berakibat proses pembelajaran yang ada dikelas kurang efektif dan akan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar