PENERAPAN
MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN
INFORMATION
COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR BIOLOGI
TIK saat ini berkembang sangat pesat,dapat
mempengaruhi segala aktivitas kehidupan.oleh karna itu pemanfaatan TIK harus
diperkenalkan kepada siswa agar mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman yang
dapat diterapkan dalam kegiatan belajar,dan aspek kehidupan sehari-hari dan
agar bisa memanfaatkan TIK secara optimal dalam menghadapi tantangan
perkembangan zaman. Keberhasilan dalam pendidikan selalu
berhubungan erat dengan kemajuan suatu bangsa yang berdampak meningkatnya
kesejahteraan kehidupan masyarakat.
Departemen
pendidikan Nasional telah memasukkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
kurikulum 2004.yang bertujuan agar meningkatkan Kualitas proses
Pengajaran,kualitas penilaian kemajuan.Proses pembelajaran akan berhasil dengan
efektif apabila komunikasi bisa berjalan dan berproses dengan baik.Sumber
belajar yang ada ,yang dapat digunakan adalah media pelajaran atau alat bantu
pelajaran.Penyampaian materi dalam bentuk ceramah menimbulkan
kejenuhan,kesalahan persepsi,dan kurang menarik perhatian siswa.untuk
memperoleh hasil pembelajaran biologi yang optimal maka diperlukan peningkatan
mutu pendidikan.pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang dapat
menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dasar untuk belajar.Dalam proses
belajar ada 4 komponen yang mempengaruhi keberhasilan siswa :Bahan belajar
,Suasana belajar,Sumber-sumber belajar,dan Media pembelajaran.salah satu media
pembelajaran adalah media gambar yang berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi.dengan menggunakan media pembelajaran dapat memperjelas penyajian
pesan atau informasi serta meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa
sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.
Pembelajaran
biologi kurang optimal.Hal ini ditunjukkan karna:
1. Siswa
kurang fokus pada saat proses pembelajaran berlangsung
2. Siswa
kurang memperhatikan guru dan cenderung ramai
3. Siswa
kurang antusias dalam mengikuti pelajaran
4. Penggunaan
sarana dan prasarana disekolah kurang optimal seperti LCD
Hal ini
dikarenakan guru pada saat mengajar masih menggunakan sistem pembelajaran
konvensional yang sangat terbatas pada informasi yang diberikan oleh guru
kepada siswa,sehingga aktivitas belajar siswa kurang berkembang.siswa hanya
mendengar apa yang diucapkan oleh guru kemudian mencatat dan menghafal.hal ini
akan berakibat proses pembelajaran yang ada dikelas kurang efektif dan akan
mempengaruhi hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar